Search This Blog

Artikel Pilihan

Jom Hafal dan Amal Doa Masuk Pasar... 💞

Alhamdulillah.. Dalam Sunnah Rasulullah Saw ada Kejayaan.. Baginda Rasulullah Saw telah ajar banyak doa kepada kita agar kita sentiasa ingat...

TUJUH INDIKATOR KEBAHAGIAAN HIDUP DI DUNIA

Friday, November 13, 2015

Ibnu Abbas RA menjelaskan, ada 7 indikator kebahagiaan hidup di dunia, yaitu :

1) Qolbun Syakirun, atau hati yang selalu bersyukur, artinya selalu menerima apa adanya (qona'ah), sehingga tidak ada perkara yang berlebihan, tidak ada stress, inilah nikmat bagi hati yang selalu bersyukur.

2) Al-Azwaju Shalihah, yaitu pasangan hidup yang soleh dan solehah, pasangan hidup yang soleh dan solehah akan menciptakan suasana rumah dan keluarga yang sakinah.

3) Al-Auladul Abrar, yaitu anak yang soleh dan solehah. Doa anak yang soleh dan solehah kepada orang tuanya dijamin dikabulkan ALLAH, berbahagialah orang tua yang memiliki anak soleh dan solehah.

4) Al-Biatu Solehah, yaitu lingkungan yang kepentingan untuk iman kita. Rasulullah menganjurkan kita untuk selalu bergaul dengan orang-orang soleh yang selalu mengajak kepada kebaikan dan mengingatkan bila kita salah.

5) Al-Malul Halal, atau harta yang halal, bukan banyaknya harta tapi halalnya harta yang dimiliki. Harta yang halal akan menjauhkan syaitan dari hati. Hati menjadi bersih, suci dan teguh sehingga memberi ketenangan dalam hidup.

6) Tafakuh Fid-Dien, atau semangat untuk memahami agama, dengan belajar ilmu agama, akan semakin cinta kepada agama dan semakin tinggi cintanya kepada ALLAH dan Rasulnya. Cinta inilah yang akan memberi cahaya bagi hatinya.

7) Umur yang barokah, ertinya umur yang semakin tua semakin soleh, setiap detiknya diisi dengan amal ibadah. Semakin tua semakin rindu untuk bertemu dengan Sang Pencipta. Inilah semangat hidup orang-orang yang barokah umurnya.

Semoga manfaat‌‌‍‌‍‍‌

No comments:

Post a Comment