Search This Blog

Artikel Pilihan

Jom Hafal dan Amal Doa Masuk Pasar... 💞

Alhamdulillah.. Dalam Sunnah Rasulullah Saw ada Kejayaan.. Baginda Rasulullah Saw telah ajar banyak doa kepada kita agar kita sentiasa ingat...

Qasim ibn Utsman Al-Ju’I

Tuesday, January 14, 2014

Qasim ibn Utsman Al-Ju’I (Wafat 248 H) belajar hadits dari Sufyan ibn Uyainah. Ibn Jauzi meriwayatkan bahwa Ibn Abu Hatim Al-Razi mengatakan, “Aku pergi ke Damaskus untuk menemui para penulis hadits. Di sana aku melewati majlis Qasim Al-Ju’I dan aku melihat sekumpulan besar manusia duduk di sekelilingnya, sementara ia berbicara. Aku mendekatinya dan mendengarnya berkata:

Lakukanlah lima hal ini tanpa kehadiran orang lain dalam kehidupanmu:

Apabila kamu berada di tengah orang-orang, jangan ingin dikenal.
Apabila kamu tidak hadir di tengah banyak orang, jangan ingin dirindukan.
Apabila kamu mengetahui sesuatu, anggaplah nasihatmu tidak diharapkan.
Apabila kamu mengatakan sesuatu, tolaklah kata-katamu.
Apabila kamu mengerjakan sesuatu, jangan mau menerima pujian untuk itu.

Dan aku juga menasihatkan lima hal lainnya:

Apabila kamu diperlakukan tidak adil, jangan membalas;
Apabila kamu dipuji, jangan merasa senang;
Apabila kamu disalahkan, jangan berputus asa;
Apabila kamu disebut pembohong, jangan marah;
Apabila kamu dikhianati, jangan balas mengkhianati.

Ibn Abi Hatim kemudian berkata, “Aku menganggap nasihat itu sebagai anugerah yang aku peroleh dari kunjunganku ke Damaskus.”[1]

No comments:

Post a Comment